Selasa, 17 Februari 2009

BEJAJAR ANALISA KASUS

Data Subjektif
Aku malu kalu bertemu dengan orang lain, saya bodoh, jelek, hanya membuat keluarga susah, Tidak ada gunanya mandi, walau aku mandi tetap jelek, aku denger dio ngatoi aku“kau jelek dak tidak berguna”, datangnyo malem kalu aku nak tiduk.

Data Objektif
Duduk sendirian dipojok ruangan, tidak pernah berbicara dengan orang lain, tidak mau menatap perawat / lawan bicara, melihat kelain / satu arah. Badan bau,tampak kotoran/daki dileher, Baju bau dan terdapat bercak, Rambut tidak disisir, acak-acakan, terlihat ngomel-ngomel dan mengepalkan tangan .

Masalah Sesuai Data
 Menarik diri
Subjek :
“Aku malu kalu bertemu dengan orang lain”
Objek :
“Duduk sendirian dipojok ruangan”
“Tidak pernah berbicara dengan orang lain”

 Harga diri rendah
Subjek :
“Saya bodoh, jelek, hanya membuat keluarga susah”
Objek :
“Tidak mau menatap perawat / lawan bicara”
“Menatap kelain / satu arah”

 Defisit Perawatan Diri : Mandi / berhias
Subjek :
“ Tidak ada gunanya mandi”, ”walau aku mandi tetap jelek”
Objek :
“Badan bau,tampak kotoran / daki dileher”
“Baju bau dan terdapat bercak”
“Rambut tidak disisir, acak-acakan”

 Halusinasi Dengar
Objek
“Terlihat ngomel-ngomel dan mengepalkan tangan ”
Subjektif :
Aku denger dio ngatoi aku“kau jelek, dak tidak berguna”
“ datengnyo malem kalu aku nak tiduk”

Untuk menetukan masalah yang timbul hendaknya perawat mengetahui :
1. Definisi setiap masalah yang ada
2. Data sujektif dan objektif masalah yang diangkat

Bila masalah yang kita angkat tidak sesuai dengan definisi yang ada mungkin kita perlu mencari alternative masalah yang terkait.
Setelah ada kecocokan antara definisi dan kondisi klien maka kita harus menggali data yang ada sesuai dengan konsep teori.
Data yang tertulis dalam buku tidak mencerminkan kondisi klien saat itu, seperti :
Gelisah, marah dll.
Bila kita lihat kondisi yang ada berhubungan dengan buku tersebut, dapat terlihat jalan mondar-mandir sambil memegang kepala ( gelisah), menghentakkan kaki dengan intonasi suara yang tinggi. Untuk meyakinkan kondisi sebenarnya pada klien hendaknya perawat bertanya pada klien tentang apa yang dilakukannya.
Pada klien yang mondar mandir, ia mengatakan bahwa “ saya berjalan kerena pinggang saya sakit karena banyak duduk atau jangan sampai ambient saya keluar” menandakan data tersebut tidak sesuai dengan kriteria gelisah.


POHON MASALAH

Halusinasi Dengar


Menarik diri Defisit Perawatan Diri : Mandi / berhias


Harga diri rendah


Untuk menentukan pohon masalah perawat hendaknya mengetahui penyebab terjadinya suatu masalah serta akibat yang di timbulkan dari keadaan tersebut.
Untuk menentukan sebab akibat tersebut kita harus merujuk pada landasan teori yang digunakan serta penentuan diagnosa keperawatan NANDA

Tidak ada komentar: